Fish

Selasa, 09 Oktober 2012

PENTINGNYA BAHASA INGGRIS di ERA GLOBALISASI


PENTINGNYA BAHASA INGGRIS di ERA GLOBALISASI


# Tugas Softskill #
1 SA 05

Disusun oleh :
Aryani
Fifi Destiani
Winda Ayu Wibowo
Ratih Dwi Putri




BAB I
LATAR BELAKANG

Di era globalisasi yang semakin lama mengikuti peradaban zaman, maka hubungan  internasional semakin diperluas. Tidak hanya dalam hubungan internasional, kemajuan teknologi juga sangat berperan di era globalisasi ini. Dalam hubungan internasional diikuti oleh berbagai macam Negara diseluaruh penjuru dunia. Dalam hubungan internasional banyak pula kerja sama yang dilakukan, diantaranya yaitu usaha politik, usaha keamanan dan ketertiban Negara, usaha komoditi ekspor dan import, bisnis, hubungan diplomatik dll.  Dalam hubungan internasional digunakan pula komunikasi untuk menunjang suksesnya kerja sama tersebut. Agar negoisasi bisnis dengan negara lain berjalan dengan lancar perlu adanya sebuah bahasa komunikasi yang dimengerti oleh kedua belah pihak. Komunikasi dapat berupa lisan maupun tulisan, Bahasa inggris dipilih menjadi bahasa “bisnis” atau bahasa untuk mereka berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman saat menjalin kerja sama.
 Bahasa inggris di dalam era globalisasi ini digunakan sebagai bahasa bisnis, bahasa pergaulan internasional, pengerektutan karyawan di perusahan berskala internasional. Oleh karena itu seiring berkembangnya zaman kita harus dituntut untuk lebih mengenal bahasa asing atau bahasa inggris bahkan bisa dikatakan bahwa penguasaan bahasa inggris sangat berpengaruh dalam persyaratan yang diajukan perusahaan untuk merekrut para karyawannya. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan mewajibkan pekerjanya memiliki kemampuan berbahasa inggris.
            Mengapa bahasa inggris yang digunakan sebagai bahasa internasional? Bahkan masih banyak bahasa yang dapat dijadikan sebagai bahasa internasional. Apa karena mayoritas penduduk di belahan bumi menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari ? Apakah Negara Inggris memiliki peranan yang beasar dibelahan dunia?



BAB II
TUJUAN & TEORI

A.       Tujuan
Dalam dunia modern yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang super ketat ini, setiap orang disarankan tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, namun juga dituntut ketrampilan khusus yang lazim kita sebut ‘skill’. Salah satu ’skill’ yang paling dibutuhkan saat ini adalah kemampuan komunikasi berbahasa Inggris. Sesuai dengan penjelasan di atas, Bahasa Inggris merupakan bahasa global, maka bagi mereka yang ingin selangkah lebih maju dari orang pada umumnya, perlu bahkan harus menguasai Bahasa Inggris. Dalam makalah ini, penulis ingin mengupas tuntas untuk mengetahui mengapa bahasa inggris begitu penting dan sangat berperan untuk dijadikan sebagai bahasa Internasional. Oleh karena itu dalam makalah ini akan menjelaskan apa saja yang menjadi alasan berbahasa inggris sangat diwajibkan untuk komunikasi dan dalam hal apa bahasa inggris sangat penting untuk digunakan.
B.        Teori
Teori yang digunakan pegambilan data untuk menganalisa artikel ini adalah :
1.   Media Internet
Internet merupakan sumber yang sangat popular digunakan untuk menganalisa data.  Beberapa situs yang memuat menenai artikel ini antara lain : Google, Wikipedia, blog, dll.
2.   Buku
Buku dijadikan pedoman untuk menemukan data yang tertulis pada media cetak.
3.   Menganalisis / Wawancara
Teori ini digunakan untuk pengambilan data melalui mengadakan pembicaran langsung kepada masyarakat luas mengenai pentingnya komunikasi mengunakan bahasa inggris. Begitu banyak jawaban yang berbeda yang kami dapatkan mengenai artikel ini.



BAB III
PEMBAHASAN

A. Kedudukan Bahasa Nasional dan Bahasa Asing
Biasanya bahasa yang sering dipelajari anak setelah bahasa ibunya pasti digunakan dalam lingkungan masyarakat sekitar. Sedangkan bahasa asing adalah bahasa negara lain yang tidak digunakan secara umum dalam interaksi sosial. Kedudukan Bahasa asing di Indonesia tersebut mengakibatkan jarang digunakannya Bahasa asing dalam interaksi sosial di lingkungan anak. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menggunakan bahasa pengantar contohnya Bahasa Inggris karena pemerolehan bahasa asing bagi anak berbanding lurus dengan volume, frekuensi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pelaksanaan program pembelajaran dengan pengantar tersebut mendapat berbagai kendala mengingat kedudukan Bahasa asing di Indonesia Artinya, Bahasa asing hanya menjadi bahasa pada kalangan tertentu, tidak digunakan oleh masyarakat umum seperti jika kedudukannya sebagai bahasa kedua (bahasa Ibu). Hal ini menyebabkan kurangnnya interaksi anak terhadap Bahasa asing. Selain itu terdapat juga berbagai pendapat mengenai pemerolehan bahasa kedua atau bahasa asing yang bisa mempengaruhi perkembangan bahasa ibu.
Pendapat tersebut mengungkapkan bahwa secara umum terjadi masalah jika anak dikenalkan pada dua bahasa secara bersamaan pada usia dini. Terutama ketika dikenalkan pada usia pra sekolah setelah bahasa ibu sudah sering digunakan. Pendapat lainnya menjelaskan bahwa jika bahasa kedua dikenalkan sebelum bahasa pertama benar-benar terkuasai, maka bahasa pertama perkembangannya akan lambat dan bahkan mengalami regresi. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa bahasa kedua akan terperoleh ketika bahasa pertama sudah dikuasai.
Saat ini banyak sekolah-sekolah yang menggunakan bahasa inggris untuk bahasa pengantar dan memberikan pelajaran bahasa inggris bagi muridnya secara lebih intensif.oleh karena itu seiring berkembangnya zaman kita harus dituntut utk lebih mengenal bahasa asing atau bahasa inggris bahkan bias dikatakan bahwa penguasaan bahasa asing sangat berpengaruh dalam persyaratan yg diajukan perusahaan untuk merekrut para karyawannya.jadi jangan heran jika diluar sana banyak perusahaan mewajibkan pekerjanya berbahasa inggris

B . Bahasa Inggris di Era Globalisasi

            Kemampuan berbahasa inggris masyarakat di Indonesia diakui masih sangat minim. Menurut penelitian yang diadakan dari tahun 2007-2009 yang diadakan oleh sebuah lembaga dapat disimpulkan berbahasa inggris masyarakat Indonesia menduduki peringkat ke-34 dari 44 negara yang memiliki bahasa ibu selain bahasa inggris. Indonesia masih kalah jauh dengan negara tetangga Malaysia yang menduduki peringkat ke-9. Banyak alasan yang dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia dalam belajar bahasa inggris, seperti sulit dipelajari atau terlalu rumit, merasa bahasa inggris itu tidak terlalu penting, atau bagi orang yang sudah tua sudah terlambat untuk belajar bahasa inggris. Padahal bahasa inggris adalah bahasa yang sangatlah penting dan harus dikuasai oleh masyarakat dan tidak pandang usia, terutama bagi orang-orang yang sedang mencari pekerjaan atau pun yang sudah punya pekerjaan.
Banyak perusahaan besar maupun kecil atau lembaga-lembaga pemerintahan yang menuntut seseorang untuk mahir berbahasa inggris. Di iklan-iklan lamaran pekerjaan pun banyak yang mencantumkan para pelamar menguasai bahasa inggris. Bahasa inggris harus sangat dikuasai karena bahasa inggris adalah bahasa pergaulan dunia atau bahasa internasional. Bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam pertukaran IPTEK dan kerja sama dalam dunia bisnis dengan para pengusaha dari negara lain. Kesempatan kerja bagi seseorang yang menguasai bahasa inggris sangatlah terbuka lebar diterima kerja di perusahaan atau lembaga-lembaga swasta atau pemerintahan. Dapat dipastikan pula dapat mendapatkan posisi yang bagus di perusahaan atau lembaga tersebut. Tanpa bahasa inggris sulit bagi seseorang dalam memperoleh pekerjaan yang bagus.
Lambat laun Negara Indonesia akan menggunakan system seperti negara maju lainnya , yaitu pasar global yaitu dimana seluruh orang di berbagai Negara dapat bekerja di Indonesia tanpa memandang profesi, karena di tahun 2012 ini masih para pekerja asing di Indonesia yang hanya menduduki jabatan teratas contoh Supervisior, General Manager, Directur, dll . Pada zaman sekarang , mampu dan mahir menguasai bahasa inggris merupakan nilai plus karena disetiap perusahaan persyaratan yang harus dimiliki seseorang pekerja atau karyawan apalagi jika perusahaan tersebut berskala internasional . Kesadaran pentinganya berbahasa inggris baru disadari seseorang setelah mencari info beasiswa atau mencari pekerja yang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan . oleh karena itu banyak orang yang mengasah kemampuan berbahasa inggris sejak kecil. Salah satu persyaratan yang harus dimiliki seseorang untuk mendapatkan pekerjaan berskala internasional maupun mendapatkan beasiswa luar negri harus mengada test TOEFL. Test TOEFL digunakan untuk mengetahui seberapa mahir seseorang dalam menguasai bahasa ingris. Minimal pesyaratan nilai TOEFL yang harus dicapai seseorang adalah 550.
            Di Negara Indonesia masih banyak yang memiliki persepsi bahwa bahasa inggris itu sulit, oleh karena itu generasi muda masih banyak yang enggan belajar bahasa inggris. Beberapa hal yang harus diperhatikan seseorang untuk memudahkan mempelajari bahasa inggris, diantaranya :
1.      Mengenali bahasa inggris
2.      Mulai menyukai bahasa inggris
3.      Mendengarkan, membaca dan menonton film yang mengunakan bahasa inggris, karena apabila seseorang terbiasa mendengarkan kata kata yan mengunakan bahasa inggris maka otak kita akan otomatis merekam bahasa inggris yang pernah kita dengarkan tersebut.
4.      Berani mengekspresikan diri mengunakan bahasa Inggris
Beberapa kerugian yang di dapat apabila seseorang kurang menguasai bahasa inggris di dunia kerja, diantaranya :
1.      Negosiasi dengan klien asing gagal karena kurangnya komunikasi yang baik
2.      Pekerjaan yang tertunda karena komunikasi terbata-bata
3.      Kontrak kerja dengan klien yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar tidak sepenuhya dipahami.
4.      Lamaran kerja disebuah perusahaan asing di tolak karena kemampuan berbahasa inggris yang minim.
Di samping itu, ada beberapa keuntungan orang memiliki kemampuan berbahasa inggris, diantaranya :
1.      Bahasa inggris digunakan sebagai sumber akses pengetahuan.
Banyak media cetak maupun media elektronik yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Salah satu contoh bahasa inggris digunakan sebagai bahasa pengantar yaitu di dalam media elektronik seperti computer, laptop, notebook, Ipad maupun link di Intenet.

2.      Komunikasi luas
Komunikasi tidak hanya dalam tatap muka tetapi dengan mengunakan media seperti chatting melalui internet juga dikatakan sebagai komunikas. Dan mengapa orang yang mempunyai kemampuan berbahasa inggris memilii komunikasi luas ? Karena hamper saeluruh orang di dunia ini telah sepakat menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional atau yang sering disebut bahasa pergaulan internasional, jadi seseorang yang memiliki kemampuan berkomukasi menggunakan bahasa iggris memiliki kesempatan berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan Negara lain.

3.       Menguasai Internet
             Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi bayangkan hanya berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa Indonesia. Anda tidak membutuhkan alat/kamus translator bahasa Inggris.

Mengapa harus bahasa inggris yang kita gunakan ? Padalhal masih ada bahasa yang dapat dijadikan sebagai bahasa internasional.  Ada beberapa alasan kenapa bahasa inggris digunakan sebagai bahasa internasional :


1.      Faktor Historis

       Inggris terkenal sebagai Negara inmperealis, Dimana pada abad 17 – 19 Inggris telah menduduki 2/3 wilayah bumi ini. Otomatis banyak Negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi dank arena inggris merupakan Negara persemakmuran yang dibentuk oleh Inggris tergolong sangat besar. Selain itu, Negara yang merdeka dibawah kebangsaan inggris menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari.

2.      Tatanan Bahasa

Bahasa Inggris memiliki tatanan bahasa yang lengkap dan rapi, sehingga mudah untuk dipelajari dan diaplikasikan. Sebenarnya Indonesia juga memiliki tatanan bahasa yang sama baiknya dengan bahasa Inggris, hanya saja kembali lagi ke factor pertama tadi yaitu karna Inggris menjadi komunitas Negara persemakmuran yang dibentuk oleh Inggris.

3.      Peradapan yang lebih maju

              Inggris dikenal memiliki peradaban yang lebih maju. Tak jarang pemikiran-pemikiran baru muncul dari sana. Posisi tersebut membuat Inggris kuat di mata Internasional dan dianggap sebagai salah satu kiblat peradaban. Logikanya, jika kita ingin belajar dari ahlinya, tentu kita harus mengerti bahasa yang dia gunakan.








1 komentar:

  1. mkasih tulisannya sangat bermanfaat. tapi apa saya boleh tahu, sumber acuannya apa ya?
    kalau buku judulnya apa? soalnya saya punya tugas membuat mkalah tentang ini :D

    BalasHapus